selamat datang di blog nikris rifiansya

perkembangan teknologi dan perubahan sosial (Perubahan sosial dalam perkembangan teknologi)

Makalah
perkembangan teknologi dan perubahan sosial
 (Perubahan sosial dalam perkembangan teknologi)
Disusun guna menyelesaikan Tugas Makalah Perkembangan Teknologi Komunikasi
Dosen Pengampu : Dinar Primasti, M.MComm
Oleh :
Nikris

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG
2012 - 2013
MALANG



KATA PENGANTAR
Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat, taufik serta hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan Makalah dengan judul “perkembangan teknologi dan perubahan sosial”.
Penyusunan makalah ini tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak baik berupa informasi, bimbingan, maupun dorongan mental kepada kami dari awal hingga terselesaikannya tulisan ini. Untuk itu dalam kesempatan ini pula kami ingin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:
  1. Dosen pengajar perkembangan teknologi yang telah membimbing dan meluruskan tentang pembuatan makalah ini
  2. Seluruh keluarga Universitas Tribhuwana Tunggadewi yang telah membantu mendukung dalam pembuatan makalah ini.
  3. Kepada Orang tua, keluarga dan semua pihak yang telah membantu serta memberikan dorongan dan semangat serta doa sehingga makalah ini dapat terselesaikan
Dalam penulisan makalah ini penulis menyadari masih banyak kekurangannya, untuk itu penulis mengharap saran dan kritik dari berbagai pihak demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat kepada penulis sendiri khususnya dan kepada seluruh pembaca pada umumnya.


Malang, 07 Oktober 2012


Penyusun



DAFTAR ISI

LEMBAR JUDUL
KATA PENGANTAR …………………………………………………………….…….
DAFTAR ISI  ……………………………………………………………………..…….

BAB I    PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang………………………………………………………………………..
1.2 Rumusan Masalah…………………………………………………………………….
1.3 Tujuan Tulisan ……………………………………………………………………….
1.4 Manfaat Tulisan………………………………………………………………………

BAB II   PEMBAHASAN
BAB III PENUTUP
3.1    Kesimpulan …………………………………………………………………………..
3.2  saran ………………………………………………………………………………….
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………









BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Sebagai mahluk  individu manusia tidak dapat melepaskan diri dari hubungan dengan manusia lain. Sebagai akibat dari hubungan yang terjadi di antara individu-individu (manusia) sehingga membentuk kelompok-kelompok sosial (social group) yang dilandasi oleh kesamaan-kesamaan kepentingan bersama. Sebagai manusia memang tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya orang lain sebab antara satu individu  akan saling bergantungan dengan individu yang lain  Namun bukan berarti semua himpunan manusia dapat dikatakan kelompok sosial. Untuk dikatakan kelompok sosial terdapat persyaratan-persyaratan tertentu. Dalam kelompok social yang telah tersusun susunan masyarakatnya akan terjadinya sebuah perubahan dalam susunan tersebut merupakan sebuah keniscayaan. Karena perubahan merupakan hal yang mutlak terjadi dimanapun tempatnya. Perubahan akan tetap terus menerus yerjadi dalam kehidupan manusia seiring dengan perkembangan zaman, manusia akan selalu mengikuti arah zaman aplagi pada saat sekarang aemakin pesatnya perkembangan zaman maka akan semakin cepat pula perubahan yang terjadi dalam kehidupan manusia (perubahan sosial)
Perubahan sosial adalah perubahan dalam hubungan interaksi antar orang, organisasi atau komunitas, ia dapat menyangkut, struktur sosial,  atau pola nilai dan norma serta pran. Dalam kehidupan yang terjadi dalam kehidupan sehari manusia akan selalu membutuhkan informasi untuk mengetahui perkembangan yang terjadi dalam kehidupanny. manusia butuh media untuk memantau perkembangan zaman seperti televisi, surat kabar, atau internet untuk lebih memudahkan manusia itu sendiri dalam memantau perkembangan zaman
Perkembnagan teknologi adalah adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.
            keika msayarakat selalu menggunakan teknologi untuk mengakses informasi otomatis perubahan sosial akan semakin cepat, karena disitu masarakat akan membentuk paradigma baru di dalam kehidupannya.
1.2.     Rumusan Masalah
1. Definisi Perubahan Sosial.
2. definisi tehnologi kominikasi.
3.  hubungan Perubahan Sosial.dan teknologi
1.3    Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui definisi perubahan sosial.
2. Untuk mengetahui teknologi komunikasi
3. agar dapat memahami bahwa perubahan sosial itu di bentuk oleh teknologi komunikasi
BAB II
PEMBAHASAN

1 Perubahan sosial
Rahayu (2011) mengatakan bahawa semua masyarakat tidak akan terlepas dari suatu perubaha. Entah perubahan tersebut merupakan proses modivikasi dari sstruktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat.
“setiap masyarakat pasti mengalami perubahan. Pada dasarnya, perubahan tersebut merupakan proses modifikasi struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat” (Wijaykhaldun 2012)

Jadi menurut saya secara umum perubahan social dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.Description: Teori dan Pengertian Perubahan Sosial
Pada dasarnya setiap masyarakat yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan-perubahan. Adanya perubahan-perubahan tersebut akan dapat diketahui bila kita melakukan suatu perbanding­an dengan menelaah suatu masyarakat pada masa tertentu yang kemudian kita bandingkan dengan keadaan masyarakat pada waktu yang lampau. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat  merupakan suatu proses yang terus menerus, ini berarti bahwa setiap masyarakat pada kenyataannya akan mengalami perubahan-peru­bahan.
Tetapi perubahan yang terjadi antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain tidak selalu sama. Hal ini dikarenakan adanya suatu masyarakat yang meng­alami perubahan yang lebih cepat bila dibandingkan dengan masyarakat lainnya. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan-perubahan yang tidak menonjol atau tidak menampakkan adanya suatu perubahan. Juga terdapat adanya perubahan-perubahan yang memiliki pengaruh luas maupun terbatas. Di samping itu ada juga perubahan-perubahan yang prosesnya lambat, dan perubahan yang berlangsung dengan cepat, karena setiap perubahan dalam masyarakat lambat atau cepat itu tergantung bagaimana keterbukaan masyarakat terhadap suatu hal yang baru, bagaimana masyarakat bisa menerima setiap ada hal yang baru di tengah-tengah kehidupannya. Perubahan itu juga bisa terjadi secara lambat ketika sosial dalam masyarakat itu tertutup, rtinya sulit untuk menerima suatu hal yang baru,mereka lebih senang mempertahankan budaya dan peradaban lama didalam sosialnya.
Perubahan tersebut terjadi sebagai akibat masuknya ide-ide pembaruan yang diadopsi oleh para anggota sistem sosial yang bersangkutan. Proses perubahan sosial biasa tediri dari tiga tahap diantaranya Invensi yakni proses di mana ide-ide baru diciptakan dan dikembangkan.yang kedua Difusi, yakni proses di mana ide-ide baru itu dikomunikasikan ke dalam sistem sosial.yang terakhir Konsekuensi, yakni perubahan-perubahan yang terjadi dalam sistem sosial sebagai akibat pengadopsian atau penolakan inovasi.
Perubahan sosial dalam masyarakat bukan merupakan sebuah hasil atau produk tetapi merupakan sebuah proses. Perubahan sosial merupakan sebuah keputusan bersama yang diambil oleh anggota masyarakat. Konsep dinamika kelompok menjadi sebuah bahasan yang menarik untuk memahami perubahan sosial. Kurt Lewin dikenal sebagai bapak manajemen perubahan, karena ia dianggap sebagai orang pertama dalam ilmu sosial yang secara khusus melakukan studi tentang perubahan secara ilmiah. Konsepnya dikenal dengan model force-field yang diklasifikasi sebagai model power-based karena menekankan kekuatan-kekuatan penekanan. Menurutnya, perubahan terjadi karena munculnya tekanan-tekanan terhadap kelompok, individu, atau organisasi. Ia berkesimpulan bahwa kekuatan tekanan (driving forces) akan berhadapan dengan penolakan (resistences) untuk berubah. Perubahan dapat terjadi dengan memperkuat driving forces dan melemahkan resistences to change.
     (Selo Sumardjan, 1990 dalam Rahayu, 2011). dari perubahan sosial adalah segala perubahan yang terjadi dalam lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya. Tekanan pada definisi tersebut adalah pada lembaga masyarakat sebagai himpunan kelompok manusia dimana perubahan mempengaruhi struktur masyarakat lainnya Perubahan sosial terjadi karena adanya perubahan dalam unsur-unsur yang mempertahankan keseimbangan masyarakat seperti misalnya perubahan dalam unsur geografis, biologis, ekonomis dan keRahayuZbudayaan.
Perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan budaya. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagian, yang meliputi kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat dan lainnya. Akan tetapi perubahan tersebut tidak mempengaruhi organisasi sosial masyarakatnya. Ruang lingkup perubahan kebudayaan lebih luas dibandingkan perubahan sosial. Namun demikian dalam prakteknya di lapangan kedua jenis perubahan perubahan tersebut sangat sulit untuk dipisahkan (Soekanto, 1990, 43).

2. perkembangan teknologi
Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya. Yang mendasari sesuatu hal dapat digolongkan kedalam
teknologi komunikasi adalah: pertama Teknologi komunikasi dapat di implementasikan dalam suatu alat. kedua Teknologi komunikasi dilahirkan oleh sebuah struktur sosial,ekonomi dan politik. Ketiga  Teknologi komunikasi membawa nilai yang berasal dari struktur ekonomi , sosial dan politik tertentu. Sedangkan yang terakhir Teknologi komunikasi meningkatkan kemampuan indera manusia terutama kemampuan mendengar dan melihat
Hedi sasrawan (2012) Dunia telah berubah dan berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan ilmu pengetahuan juga tumbuh pesat. Kini, batas-batas dunia seolah tidak terlihat. Semuanya kita bisa capai dengan cepat, tepat, dan murah. Nah, semua itu berkat  teknogi
Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi). Kalau dahulu kita mengenal kata pepatah “dunia tak selebar daun kelor”, sekarang pepatah itu selayaknya berganti; dunia saat ini selebar daun kelor, karena cepatnya akses informasi di berbagai belahan dunia membuat dunia ini seolah semakin sempit dikarenakan kita dapat melihat apa yang terjadi di Amerika misalnya, meskipun kita berada di Indonesia.

            Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada di masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya masyarakat pedesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.
“Perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah melesat sangat cepat sejak beberapa tahun terakhir, hal ini terbukti telah banyaknya sarana dan prasarana yang tersedia dan juga semakin murahnya harga perangkat elektronik guna menunjang kegiatan sehari-hari seperti laptop, personal computer (PC), komputer tablet, smartphone dan lain-lain. Bukan itu saja, internet dan juga social network memegang peranan yang sangat penting untuk mengokohkan kedudukan sederetan perangkat hardware yang dijual di pasaran” Fahrisal akbar (2011),
Jadi kehidupan manusia manusia sekarang tidak akan terlepaskan dari dunia teknologi sebab begitu sangat kelihatan bahwa manusia sangat adiktif terhadap teknologi, manusia akan sangat merasa rugi jika saat ini tidak bisa memanfaatkan teknologi dengan baik. Semua apa yang ingin kita ketahui tetang informasi kini semakin gampang dengan adanya teknologi informasi, manusia akan semakin kaya dengan informasi ketika bisa memanfaatkan adanya teknologi dengan baik. nah disinilah dapat dilihat bahwa betapa sangat besar pengaruh perkembangan teknologi terhadap kehidupan manusia.

3. hubungan perubahan sosial dengan perkembangan teknologi komunnikasi
            Pembahasan di atas sudah dijelaskan bahwa perubahan sosiial akan selalu terjadi dalam kehidupan manusia, perubahan itu tidak akan pernah dapat dicegah karena dengan sendirinya masyarakat itu akan selalu ikut arus dalam suatu perubahan yang terjadi. Perubahan sosial terjadi salah satunya diakibatkan oleh teknologi seperti halnya televisi dan komputer (internet) membuat menumpuknya informasi di bidang politik, ekonomi dan ilmu pengetahuan. Seperti yang dikemukakan oleh Rogers (1986: 110) "Sebab dan akibat dari perubahan sosial di masyarakat adalah teknologi komunikasi" dari pendapat rogers dapat di ambil kesimpuan bahwa perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan itu diakibatkan karena semakin majunya tehnilogi yang terjadi dalam taanan kehidupan sosial. dengan majunya teknologi manusia akan semakin mudah untuk mengakses informasi walapun dari jarak jauh sehingga komunikasi dalam hal ini tidak terbatas oleh ruang dan waktu manusia lebih mudah mengakses informasi secara global sehingga dunia ini terasa sempit dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, Teknologi komunikasi lebih banyak berpengaruh terhadap anak-anak muda dibandingkan dengan kepada anak-anak kecil dan orang tua. mungkin karena faktor anak muda suka melakukan hal-hal yang baru dan menyukai tantangan untuk berubah. misalnya efek dari televisi dan komputer yang banyak beredar di masyarakat sekarang. Sebab dan akibat dari perubahan sosial di masyarakat adalah teknologi komunikasi". Perkembangan sistem informasi yang berukuran raksasa dan bank data, menyebabkan menumpuknya informasi yang sangat berguna bagi lingkungan politik, ekonomi dan pengetahuan. teknologi komunikasi berperan utama dalam menerapkan kebijakan kebudayaan dan membantu mendemokrasikan kebudayaan melalui pola penyebaran informasi yang lebih cepat diterima oleh khalayak.

            Setiap perubahan sosial memiliki dampak dan teknologi memiliki peranan yang penting. lalu bagaimanakah dampak teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi juga mampu mengubah kondisi sosial masyarakat setempat, perubahan sosial boleh saja terjadi asalkan perubahan itu tetap berdasarkan hukum, nilai moral dan tidak berlawanan dengan kebudayaan di Indonesia. Perubahan sosial terjadi karena adanya suatu interaksi sosial di dalam kehidupan masyarakat. salah satu bisa kita tahu, sekarang ini teknologi komunikasi berkembang cukup pesat dan mempengaruhi sikap kita terhadap kehidupan sosial. seperti contoh internet merupakan teknologi yang tidak dapat dipisahkan bagi masyarakat perkotaan dan anak-anak muda.
            Kehidupan yang terjadi saat sekarang didalam sosial masyarakat seakakn tidak akan pernah bisa terlepas dari teknologi sehingga masyarakat tanpa sadar bahwa didalam perubahan sosialnya telah di setir dan di kendalikan oleh teknologi karena kecendrungan seseorang itu selalu merasa penasaran dengan adanya suatu hal yang baru. Otomatis ketika masyarakan selalu berperan dalam teknologi informasi otomatis massyarakat akan semakin kaya dengan informasi. Sehingga infformasi tersebut dapat mengantarkan masyarakat terhadap perubahan sosial


BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
            Perubahan yang terjadi pada masyarakat disebut dengan perubahan sosial dimana dalam perubahan sosial tersebut terjadi salah satu faktornya adalah akibat dari semakin majunya teknologi didalam kehidupan manusia sehingga manusia dengan lebih gampangnya mengaksese informasi.  Pada saat sekarang tidak dapat di pungkiri bahwa kebutuhan masarakat terhadap teknologi semakin sangat banyak, sehingga masyarakat terkesan bahwa kehidupannya adiktif  terhadap teknologi, dengan adiktif  terhadap teknologi masyarakat akan semakin mengalami perubahan secara cepat karena adanya teknologi informasi akan membantuk persepsi dan paradigm baru dalam keehidupan masyrakat. Sebab masyarakat akan selalu menemukan informmasi baru dari penggunaan teklogi yang di  maenkan
SARAN-SARAN
            Setelah memahami penjabaran diatas, alngkah baiknya jika kita memaksimalkan teknologi yang ada untuk menuju perubhan ke  arah psitif dalam kehidupan sosial sebagai manusia seharusnya kita dapat menyetir teknologi bukan malah kita yang di setir oleh teknologi sebab  pada saat ini kebutuhan manusia akan teknologi semakin besar sehingga jika tidak bisa memnfaakan teknologi dengan baik otomatis akan terarah pada hal-hal ang negative.


Daftar pustaka

·         Rahayu, 2011. Perubahan sosial. [online] tersedia di <http://fisip.uns.ac.id/blog/rahayu/2011/01/07/perubahan-sosial/.>  (diakses 05 januari 2013)

·         Wijaykhaldun, 2012. Perubahan sosial sebagai fakta. [online] tersedia di <http://fisip.uns.ac.id/blog/wijaykhaldun/2012/11/22/perubahan-sosial/.> (diakses 03 januari 2013)

·         Sasrawan, H., 2012. Perubahan sosial di bidang teknologi. [online] tersedia di <http://hedisasrawan.blogspot.com/2012/07/perubahan-sosial-di-bidang-teknologi.html.> (diakses 05 januari 2013)

·         Fahrisal akbar, 2011. Perkembangan teknologi informasi dalam bidang dalam bidang komputerisasi dan telkomunikasi di indonnesia. [online] tersedia di < http://fahrisalakbar.com/2011/11/perkembangan-teknologi-informasi-dalam-bidang-komputerisasi-dan-telekomunikasi-di-indonesia/ > (diakses 01 januari 2013)

Share this video :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. nikris riviansya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger